CARA MEMBUAT JAMU

JAMU BERAS KENCUR ALA RUMAHAN

3:00 PM



Saya ibu rumahtangga dengan anak masih bayi umur 6 bulan. Setiap hari, setelah shalat subuh saya menimba air di sumur untuk mencuci pakaian. Jika anak saya masih tidur atau ada yang menggantikan saya momong, 5 timba air cukup saya timba dalam waktu 10 menit. Karena kalau si kecil tidak ada yang menemani pasti sedikit-sedikit merengek. Jadilah saya bolak-balik kamar-sumur hanya untuk menimba, dan waktu 10 menit pun tak cukup. Kadang jika menangis karena haus, saya harus menyusuinya sampai dia terlelap kembali. Kebayang, kan? Repotnya saya di pagi hari.
Menjadi seorang ibu harus ekstra tenaga. Karena di usianya yang beranjak besar rasa keingintahuannya pun semakin besar pula. Sehingga sering kali si kecil meminta melihat-lihat sekeliling rumah padahal dia belum bisa berjalan sendiri, berarti harus digendong kemanapun dia pinta. Tidak cukup beberapa menit saja. Bahkan sampai berjam-jam dia betah mengamati polah tingkah bebek di kandang samping rumah. Makanya saya sering mengalami pegal linu di bagian pinggang, pundak, dan badan.
Untuk meredakannya, saya memilih untuk meminum jamu ketimbang obat. Jamu yang sering saya konsumsi yaitu jamu beras kencur. Karena selain mampu meredakan pegal linu, jamu ini baik untuk ibu menyusui. Asi menjadi segar diminum bayi dan efektif untuk menghilangkan bau amis susu. Bayi menjadi sehat karena makan dan minum dengan lahap.
Tidak sia-sia ibu mertua saya menanam apotek hidup di halaman belakang rumah. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, dapat pula dikonsumsi dalam bentuk jamu. Yang ditanam ibu hanya beberapa macam saja yaitu Jahe, Kencur, Kunir, Laos, Temulawak, dan Sereh. Dengan begitu saya bisa berhemat tidak pijat ke dukun pijat.
Sebelum membuat Jamu Beras Kencur, saya cari resepnya lewat internet. Lalu saya mencoba mempraktekkannya dengan sedikit modifikasi sesuai kebutuhan dan ketersediaan bahan. Ini keuntungannya membuat jamu sendiri dirumah. Saya tidak perlu khawatir akan kelebihan dosis atau pun efek samping yang terjadi. Dikarenakan saya sendiri yang mengolahnya. Bahan-bahan pembuatan jamu betul-betul dari bahan alami yang saya ambil dari kebun. Lalu, komposisi tambahannya pun juga saya tahu. 
 Untuk membuat ±5 gelas jamu, saya membutuhkan bahan:
  1. 150 gram beras
  2. 6 ruas kencur
  3. Gula merah secukupnya (sesuai selera)
  4. Setengah sdt garam
  5. 6 gelas air
sumber: surabaya.indonetwork.co.id
Cara membuat:

  1. Beras direndam ±2jam
  2. Kupas dan cuci bersih kencur
  3. Haluskan beras dan kencur menggunakan blender
  4. Rebus air bersama gula merah  
  5. Masukkan bahan-bahan yang telah dihaluskan ke air
  6. masukkan garam
  7. aduk ±20 menit lalu angkat dari api dan saring

menyajikannya atau meminumnya bisa selagi hangat. Tetapi saya lebih menyukai jika dalam keadaan dingin. Apalagi ditambah dengan es batu. Lebih terasa segar menurut saya. Selamat mencoba...




You Might Also Like

8 komentar

  1. Cuaca panas tapi kering gini enak ya minum pake es batu..;) good luck ya mbak lomba nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. terimakasih kunjungannya... :D

      Hapus
  2. Saya kalo panas2 malah sukanya minum teh panas manis ... naaah itu baru segaaar ... eh jadi ke mana2 ya komennya ...

    Sukses ya Mbak ... moga juga tetap sehat dengan minum jamu :)

    BalasHapus
  3. Duuuh...asem dan es nya nantangin banget deh! Terimakasih dilengkapi resep juga :)

    BalasHapus
  4. Salam kenal mbk mutia.. :)
    Trimakasih kunjungannya...

    BalasHapus
  5. kunjungan ke dua.....
    manfaat banget website/Blog nya.....
    keep posting yang positif gan/sist..
    ijin lihat-lihat blog/website nya ya.....

    jangan lupa kunjungi website nya ya :)

    Perumahan di Bekasi
    Daftar rumah Murah Tambun-Bekasi tahun

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook