Tips

TIPS MENGOLAH DAGING KAMBING KURBAN

10:29 PM

tribunnews.com


Terkadang kita sering mengeluhkan daging kambing yang masih alot saat makan masakan berbahan dasar itu, padahal sudah dimasak lama. Masalah pun sampai pada bau prengusnya yang sangat menyengat. Tentunya ini sangat mengganggu kenikmatan kita menyantap masakan. Apalagi sebentar lagi hari raya Idul Adha tiba, tentunya kita harus merencanakan resep masakan untuk daging hewan kurban yang kita dapat nanti.
Untuk menyiasati masalah tersebut, sebelum mengolahnya menjadi menu masakan, kita dapat lakukan sesuatu terhadapnya. Kita bisa menggunakan daun pepaya maupun buah nanas untuk mengatasi daging alot maupun prengus.

BUAH NANAS
Dalam buah Nanas terdapat enzim bromelain yang bermanfaat untuk mengempukkan daging. enzim ini lebih banyak terdapat pada kulit nanas yang sudah matang buahnya. Enzim tersebut mampu menguraikan serat-serat daging sehingga menjadi lebih empuk. Jika tidak ingin terlalu masam caranya yaitu dengan menghaluskan boleh kulit buahnya atau buahnya dengan blender lalu lumurkan pada daging selama 1 jam. Atau bisa juga menggunakan buahnya sebagai campuran memasak. Hasilnya selain daging bisa empuk, masakan jadi tidak prengus.
Namun, yang perlu diingat. Metode ini tidak cocok untuk masakan yang akan dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit Hemophilia, gagal ginjal dan hati sebab akan memperlambat pembekuan darah.

DAUN PEPAYA
Seperti halnya Nanas, daun pepaya juga bermanfaat mengempukkan daging karena mengandung enzim papain. Caranya, iris tipis-tipis daun pepaya lalu remas-remas pada daging jangan terlalu lama. Sebab enzim ini memiliki rendemen sangat rendah sehingga dapat membuat daging berubah rasa menjadi pahit jika terlalu lama didiamkan. Atau bisa juga dengan membungkus daging dengan daun pepaya saat merebusnya.


You Might Also Like

16 komentar

  1. aku sukanya pakaai parutan nanas mbak.dagingnya nggak prengus dan cepet empuk

    BalasHapus
  2. Mudah juga ya mengolah daging kambing.

    BalasHapus
  3. Saya seringnya pake daun pepaya. Padahal di Subang, tempat tinggal saya merupakan penghasil nanas he..he..perlu dicoba pake nanas nih...

    BalasHapus
  4. wah cara mengolahnya sama persis dengan saat tadi pagi kami mengolah daging kurban...ngga nyambung kan? :D

    BalasHapus
  5. masih menggunakan cara tradisional mbak, kalau memasak daging sekalian sama sendok ikut dimasak, katanya biar dagingnya empuk kalau di santap.

    BalasHapus
  6. Wah baru tahu kalau bisa pakai sendok ngempukinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo tante saya, masukin kelereng, Mak

      Hapus
    2. Wah tambah kaget euy.. baru tahu juga ini mak.. jadi pengen nyoba.. :)

      Hapus
  7. slama ini saya pake presto... tp kmaren coba pake daun pepaya, tnyt hasilnya emang empuk :)

    BalasHapus
  8. cocok nih mbak, daging kemarin dari pembagian kurban masih banyak di kulkas, nih tips mantap deh bisa di praktekin, kunjungan sore sukses selalu ...

    BalasHapus
  9. wah sama nih, aku lagi coba bungkus daging kambing pakai daun pepaya

    BalasHapus
  10. Trims infonya, nnti klu ada daging kambing saya coba ah!

    BalasHapus
  11. buat daging sapi juga bisa ini, pas qurban kemarin dpt jatah daging sapi, sukses pake nenas ngempukinnya

    BalasHapus
  12. Trimakasih sharingnya, nambah pengetahuan nih, biasanya kalau ngempukkan daging saya biasa masukin sendok ke dalam panci yang digunakan untuk masak daging. Nanti akan saya coba, mksh mak

    BalasHapus
  13. kmrn itu pembantuku yg lama empukin dging pake nenas, tp krn kelamaan, malah jd terlalu lembek mba :D.. ga bisa juga kelamaan ;p

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook