LINGKUNGAN

5 MANFAAT LIMBAH AIR RUMAHTANGGA

11:44 AM

Limbah rumah tangga berupa air kotor seringkali terbuang sia-sia. Padahal bila kita jeli memanfaatkan, kita bisa menghemat penggunaan air demi kehidupan yang lebih baik lho...

Coba kita renungkan sejenak. Ada banyak saudara kita di belahan bumi mana pun yang kesulitan menemukan air bersih. Tak usah jauh-jauh deh, di desa saya, Playen Gunungkidul, saat musim kemarau panjang, persediaan air sumur mulai menipis bahkan di sumur tetangga sudah kering kerontang.

Hal ini bukan karna mereka tidak berhemat dalam pemakaian lho. Ini murni dari faktor alam. Jadi jika kalian mempunyai air berlimpah, bersyukurlah dengan hati-hati pemakaiannya.

Dari faktor alam ini, tak ayal membuat masyarakat desa selalu menerapkan prinsip stiti, gemi, metiti. Stiti: hati-hati dalam berbuat, gemi: suka berhemat dengan skala prioritas dan menabung, metiti: bekerja keras dan prihatin. Prinsip ini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Namun mulai mengalami kelangkaan pada karakter anak muda jaman sekarang disebabkan segala semakin praktis dilakukan dengan instan.

Berikut pemanfaatan limbah air rumahtangga yang rutin saya lakukan setiap hari:

1. Air Minum Hewan Peliharaan
Di rumah, sudah biasa menyediakan ember khusus untuk menampung limbah air kotor yang tidak mengandung sabun. Jadi air pususan beras akan saya tampung terlebih dahulu di situ. Nanti saat siang biasanya Simbok menggunakannya untuk mengombor Sapi dan Kambing.

2. Mencampur Pakan Hewan
Bila air pususan itu masih, pasti akan digunakan untuk mengadon katul, tepung gaplek, dan sisa makanan menjadi campuran pakan yang bisa menggemukan Sapi, Kambing, beserta hewan unggas kami.

3. Mengurangi Debu Halaman
Saat musim kemarau, Halaman rumah kami terasa sangat gersang. Tak jarang banyak debu di sana. Apalagi jika ada yang melintas, bisa dipastikan debu-debu halus akan beterbangan. Untuk mengurangi polusi debu, biasanya air sabun bekas cucian alat-alat dapur akan saya gunakan untuk menyiram tanah halaman rumah.

4. Membersihkan kamar mandi
Air bekas sabun cuci dan bilasan pakaian  biasanya tidak akan saya buang langsung. Seringkali saya gunakan untuk menyiram lantai kamar mandi setelah sebelumnya disikat.

5. Menyiram Tanaman
Air bekas cuci piring juga sangat bermanfaat menyuburkan tanaman. Siram bagian tanahnya saja ya...

Anda pun bisa memanfaatkannya sesuai keperluan dan ketersediaannya. Mari hijaukan bumi ini...

You Might Also Like

1 komentar

  1. mantap mbk.

    banyak sekali air yang dibuang sia2 setiap hari.

    beberapa tahun lalu, muncul tren kompleks perumahan (agak elit) yang mendesain tata saluran airnya dengan sangat baik. bahkan air sisa yang bersabun pun dibersihkan lagi. tapi udah jarang denger skrg.

    membuat filter sabun di pipa pembuangan kamar mandi misalnya, kayaknya gak begitu sulit. airnya bisa lebih bermanfaat lagi.

    ada juga yang menampung buangan air di shower, untuk menyiram toilet (flush) setelah melalui filter sederhana.

    tren2 macam gini harusnya digalakkan sungguh2.

    mulai dari yang sederhana seperti yang diulas di atas :)


    btw, tante saya di jambi, membuat bak mandi buesar banget, tujuannya menampung air hujan, bisa bertahan berhari-hari ke depan, bahkan minggu, gratis :D

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook