NOVEL ANAK

REVIEW NOVEL BINTANG JINDO - CARA ASYIK MENDIDIK KARAKTER ANAK

10:00 PM


NOVEL-BINTANG-JINDO

JUDUL          : Bintang Jindo
PENULIS      : Susanti Hara
PENERBIT   : Dari Mizan
CETAKAN   : Pertama Th 2014


Pertama kali melihat foto sampul novel ini, saya langsung terpikat. Kombinasi warnanya membuat mata tidak sakit, nyaman sekali dengan warna-warna soft dan ilustrasi gambar yang simpel. Dari pojok kiri bisa dilihat bahwa ini adalah korean novel. Novel yang bersetting di korea dengan tokoh-tokoh lokal sana. Saya jadi penasaran bagaimana isi cerita di dalamnya. Hmm, pasti menarik!!!

Dan benar saja, novel ini disuguhkan berbeda dari novel-novel remaja biasanya. Novel ini aman dibaca oleh anak. Lewat tokoh utama Hyo Ra - gadis kampung nelayan, secara tidak langsung, anak bisa belajar bagaimana kehidupan di pedesaan pinggir Seoul.

Karakter Hyo Ra yang bersahaja dan sederhana ini mampu menularkan energi positif ke anak. Bagaimana ia bersahabat dan memelihara mimpi, patut diacungi jempol. Tidak seperti anak pada umumnya, mimpinya hanya ingin membahagiakan kedua orangtuanya. Tapi tak ada salahnya jika ia malah mendapat bonus mimpi yang sebelumnya tak pernah ia bayangkan yakni menjadi bintang jindo.

Novel ini bisa dijadikan sarana pembentukan karakter anak yang mengasyikkan. Anak tidak merasa tertekan karena disajikan dalam bentuk novel. Selain itu, anak bisa belajar beberapa ungkapan dalam bahasa korea. Sangat bermanfaat bukan? Saya pun langsung hapal di luar kepala berbagai ungkapan dalam bahasa korea. Padahal tidak sengaja menghapal lho...saya hanya membaca sekilas, tanpa berulang-ulang membaca.

Imajinasi saya berkeliaran seiring membaca. Tidak susah saya membayangkan adegan-adegan dalam novel ini. Apalagi dibumbui ilustrasi gambar disampingnya. Layout halamannya pun bikin betah membaca.

LAYOUT-DAN-ILUSTRASI
 
Saya seperti sedang berwisata ke seoul. Saya jadi tahu tempat-tempat indah dengan berbagai keistimewaannya di sana. Ada festival langka di Laut Jindo, kebiasaan unik warga seoul saat menukarkan uang di bank, kegiatan di kampung nelayan, makanan di sana, tradisi, dan masih banyak lagi... :))

Kamera, blog dan foto, menjadi barang dominan di novel ini. Tentunya dengan berbagai pelajaran berharga. Bagaimana bijak memanfaatkannya dan apa akibatnya jika berlebih-lebihan menggunakannya.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Jadi penasaran...bisa dijadikan referensi untuk bacaan si kakak nih, yg hobi baca novel..makasih sharingnya ya mbak Sarah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak.. Ini novel bagus banget. Cocok buat anak.. :)

      Hapus
  2. Terima kasih sudah berkenan memberikan review buku K-Novel Bintang Jindo. Salam. Sukses selalu dan semoga segalanya memberikan berkah. Aamiin

    BalasHapus
  3. Amin.. Trimakasih mbak Susanti.. Saling mendo'akan ya..

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook