BABY CARE

5 TIPS CERDAS MENJAGA KESEHATAN BAYI

11:34 AM





TIPS-CERDAS-MENJAGA-KESEHATAN-BAYI


Melihat bayi tumbuh sehat dan aktif tentu jadi kebanggan tersendiri  kan buat Bunda sebagai orang tua? Orang tua mana sih yang nggak sedih jika keceriaan anak terganggu karena sakit? Jadi, merawat dan menjaga kesehatan bayi adalah hal penting agar buah hati tidak mudah jatuh sakit.

Meskipun bayi rentan sakit memang sudah hal wajar, karena memang sistem imunnya belum terbentuk sempurna, tapi tetap saja menjaga kesehatan bayi harus jadi prioritas utama bagi orang tua terutama Bunda dan tentunya dengan cara yang berbeda. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan bayi dengan benar?


Berikut beberapa tips menjaga kesehatan bayi yang bisa Bunda lakukan :

1.      Jaga Dan Perhatikan Selalu Kebersihan Buah Hati
Sudah tahu kan bunda, kalau kotoran bisa membawa kuman sumber penyakit? Disini peran orangtua sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan bayi. Selain menjaga kebersihan lingkungan sekitar dan makanan, kebersihan kuku, gigi dan pakaian bayi juga penting untuk mencegah bersarangnya kuman.

2.      Penuhi Kebutuhan Cairan
Proses pencernaan, sirkulasi darah serta metabolisme tubuh memerlukan cairan yang cukup agar bisa berjalan secara optimal. Maka dari itu menjaga kesehatan bayi dengan memcukupi kebutuhan cairannya sangat penting agar bayi tidak dehidrasi sehingga mudah terserang penyakit.

3.      Jemur Bayi Setiap Pagi
Untuk menjaga kesehatan bayi, Bunda bisa menjemur bayi Bunda di bawah sinar matahari pagi, selain menghangatkan tubuh bayi, juga baik untuk sistem kekebalan tubuh dan membuat bayi lebih sehat sehingga tidak mudah diserang penyakit. Cukup 10-15 menit sebelum jam delapan pagi.

4.      Hindari Kebiasaan Menggunakan Botol Susu
Menggunakan botol susu, memang meringankan tugas Bunda. Tapi menggunakan botol susu bisa membuat susu mengendap pada gusi. Selain itu,juga membuat bayi rentan terkena infeksi telinga karena susu yang diminum lewat botol mudah masuk ke saluran eustachius.

5.      Hindari Memandikan Bayi Dengan Air Dingin
Bayi yang dimandikan dengan air dingin bisa membuat sistem metabolisme tubuh meningkat sehingga asupan nutrisi yang masuk habis untuk mengatur suhu tubuh. Bayi jadi kehabisan tenaga dan mudah sakit. Untuk menjaga kesehatan bayi, sebaiknya mandikan bayi dengan air hangat dan jangan terlalu lama.

Disamping melakukan kebiasaan diatas untuk menjaga kesehatan bayi, imunisasi rutin sesuai umur bayi juga penting dilakukan. Bisa juga ditambah dengan pemberian vitamin dan madu jika diperlukan. Dan jangan lupa, tetap jaga pola makan sehat ya Bunda? Agar ASI berkualitas selalu, sebagai sumber nutrisi utama untuk buah hati Bunda. Selamat mencoba ;-)

You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE


Like us on Facebook