PARENTING

9 Hal Unik Menggemaskan Yang Sering Dilakukan Anak Batita Saat Berkunjung Ke Rumah Saudara

1:20 AM

Punya anak batita memang bikin gemes-gemes mengasyikan. Contoh Gemesnya yaitu bila si anak rewel karena ada sesuatu yang tidak sesuai kehendaknya tapi kita tidak tahu apa maunya disebabkan si anak belum lancar/celat ngomongnya. bikin nangisnya tambah kenceng. Ini sering kejadian di rumah saya. Untungnya kalau berpergian, si anak nggak pernah rewel kalaupun mau rewel, masih bisa dikendalikan. Kuncinya, alihkan perhatian dengan hal-hal lain yang lebih menarik.

Asyiknya, setiap kali habis berpergian pasti ada saja tambah akalnya. Bikin kita tersenyum melihat tumbuh kembangnya. Saya  lalu memeluknya sambil ngomong, "hmm anak siapa ini, ya?" lalu cium kedua pipinya. Si anak malah berusaha menghindar. Haha.

Kegiatan keluarga kami paling favorit adalah berkunjung ke rumah saudara. Yang paling sering kami singgahi yaitu ke rumah Pak Lek di Ponjong. Karena selain bersilahturahmi, kami bisa sekalian nyekar ke makam simbah putri yang tak jauh dari rumah pak lek.

Namanya bawa anak batita kemanapun pergi, pastilah ada hal-hal unik menggemaskan yang terjadi karena rasa keingintahuan dan rasa pekanya yang besar.

Berikut ini, 9 HAL UNIK MENGGEMASKAN YANG SERING DILAKUKAN ANAK BATITA SAAT BERKUNJUNG KE RUMAH SAUDARA:

1. Langsung Menuju Hal-hal Paling Menarik Yang Sudah Dia Kenal Dari Rumah Saudara
Karena sudah sering berkunjung, pastilah si anak sudah kenal betul bagian-bagian terfavoritnya dari si rumah saudara. Seperti Dedek Alam, turun dari motor langsung deh menuju kandang kalkun. Aku pontang-panting menyusulnya. Dianya malah menyemangati sambil manggil-manggil saya dan nunjuk-nunjuk kalkun. Saya pun mulai ikut heboh menimpali semua kegaduhannya yang ngomong ini itu.

2.  Tak Beranjak dari Tempat Favoritnya.
Sudah hampir 10 menitan dedek nggak masuk-masuk rumah. Padahal belum ketemu dan salim sama pak lek. Terpaksa saya gendong bawa masuk rumah. Si dedek meronta-ronta. Lalu berhenti saat melihat dan disuruh salim sama pak lek. Habis salim si anak langsung lari. Aku pun nyusul. Ternyata dia mendekati Aquarium. Melihat Serius Aquarium, Ini hal menarik ke-2 bagi dedek Alam. Melihat ikan-ikan berenang. Dia sangat suka dengan ikan. Sampai-sampai buku tulisnya di rumah penuh gambar ikan-ikan.

3. Membuat Suara-suara Gaduh Untuk Membuang Bosan
Sudah bosan dengan ikannya, dedek bingung mau ngapain lagi, yang belum dia lakukan. Alhasil dedek menghentak-hentakan kaki di lantai kayu. Lantai rumah pak lek memang dari papan kayu. Sehingga untuk jalan apalagi lari dan menghentak akan mengeluarkan bunyi lantainya. Ini yang bikin dedek ketagihan. Susah dibilangin. Harus Ektra sabar dan cerdik mencari tumbal lainnya untuk mengalihkan perhatiannya untuk lupa dengan menghentakan kaki.

4. Menjadi Pendengar Baik Orang Dewasa
Duh bingung banget gimana caranya bikin dedek berhenti. Untung si Tuan Rumah lalu memanggil dedek dan menawari suguhan. Hohoho. Barulah dedek mau berhenti dan langsung ngekep toples. Duh... Untung masih anak kecil jadi agak wajar. 

Si dedek sekarang benar-benar konsentrasiBaru makan suguhan sambil memperhatikan orang yang saling bertukar cerita lalu menirukan setiap kata. Kalau diperhatikan kedengatan seperti balapan ngomong sama dedek. Hihihi.

5. Terlalu Bersemangat dan Ingin Membuat Ortunya Terpukau dan Memperhatikannya.
Nah, mulai bosan dan sadar kalau dirinya bukan perhatian utama langsung deh kumat melakukan hal tak terduga. Dedek antusias melahap semua suguhan. Dan berhasil. Aku mulai lagi bawel nasehatin dedek makan pelan-pelan.

6. Terpukau Dengan Hal-hal Baru Dan Langka Dilihat
Waktunya nyekar ke makam simbah canggahnya. Di samping jalan menuju makam terdapar aliran sungai cukup lebar. Lagi-lagi Dedek terpukau Dengan Sungai. Wajar saja ia kan suka banget sama air. Pasti deh bawaannya pengen mainan air.

7. Berekplorasi Di Tempat Yang Disinggahi.
Habis dari makam langsung sholat Ashar. Saya kebagian jatah sholat akhir karena harus momong dedek yang lebih banyak nggak bisa diem daripada anteng ikut sholat. Hihi. Jadi kami harus bergantian momong. Karena dedek suka bereksplorasi mengenal tempat-tempat yg disinggahi. Dan masjid ini lumayan besar buat dia eksplore. Jadi harus ekstra ngintil dedek kemana-mana. lol.

8. Melanggar Larangan.
Yang paling terkenal dari seorang anak kecil, yaitu melanggar larangan. Hoho. Habis dari sholat, balik lagi ke rumah pak lek. Dedek nggak langsung masuk rumah. Tapi di halaman depan rumah. Ia tertarik dengan bunga-bungaan disana. Pasti nih mau metik! Bener! Baru aja selesai merayu jangan dipetik. Eh, udah dipetik sambil jejingkrakan tertawa menang. Fiuuuh...

9. Mengekspresikan Emosinya.
Dedek lari-lari kecil berputaran sambil tangannya pegang erat bunga. Kayak merasa di surga anak-anak. Dia tertawa bebas. Saya yang melihatnya ceria langsung meleleh ikut ketawa bahagia. Paling kalau saya paksakan harus sesuai apa yang saya pikirkan, dia akan rewel mak! Alih-alih ceria, dia pasti malah nangis.
Memang harus terus dampingi setiap kelakuan anak dengan pelan-pelan menasehati. Tapi jangan terlalu dipaksakan. Biarkan dia tumbuh. Lama-kelamaan pasti tau kok mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak. 

Buktinya sekarang di umurnya 2 tahun lebih seminggu dia udah sedikit ada perubahan. Malah udah bisa niruin saya melarang ini itu bila ada temannya yang tidak sesuai. Hihi. Good job dedek. Masih banyak PR buat ibuk.

Nah itu tadi 9 Hal Unik dalam diri Batita yang pasti akan menjadi kenangan manis seorang Ibuk ketika anak sudah dewasa. Nikmati saja setiap proses tumbuh kembangnya.

You Might Also Like

17 komentar

  1. Hihi, dimana-mana balita dan batita ulahnya sama saja ya.. lucu-lucu menyenangkan, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul betu betul, mak marita... XD

      Hapus
  2. poin nmr 4 pas bngt dengan kami mbak

    BalasHapus
  3. tapi kadang kalau lagi bete, diajak ke satu tempat langsung cemberut hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus pinter-pinter bujuk biar cemberutnya ilang ya mak...

      Hapus
  4. Halo Mba Sarah, kalau anakku tuh mesti lama adaptasinya tp giliran nemu yg rame wiz ga mau diajak pulang hahah sama kyk nomer 2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak.. kalo udah kenal, pasti langsung deh sesukanya sendiri... hihi

      Hapus
  5. Muter-muter, mondar-mandir, bikin kacau tatanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin waktu kecil kita juga begitu ya mak... hihihi

      Hapus
  6. saya ingat waktu kecil, mama bikin asik kami dengan makanan yang dibawa dari rumah dan menjadi kesukaan kami. dijamin kami tenang *maklum perempuan semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya manda, itu triknya... biar dedek sibuk and diem karena asyik makan... hohohoh

      Hapus
  7. satu lagi mbak... kalo dilarang biasanya malah dikerjakan. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mak rosa... anak-anak memang begitu, hihihi

      Hapus
  8. Waktu kecil aku juga excited banget datang ke rumah saudara, tapi orang dewasa kebanyakan ndak suka sama tingkah pola anak-anak yang pecicilan, aku sedih

    Salam,
    Aci

    BalasHapus
  9. Well, sometimes this task could be really complicated. I hope that you'll add more materials in the future.

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook