BUAH HATI

MANFAAT DAN KELEBIHAN ASI EKSKLUSIF UNTUK BUNDA DAN BAYI

11:12 AM





MANFAAT DAN KELEBIHAN ASI EKSKLUSIF UNTUK BUNDA DAN BAYI
Seiring berkembangnya teknologi, saat ini pemberian ASI memang bisa digantikan dengan susu sapi yang sudah diformulasikan. Hal ini mungkin memang bisa dibilang lebih praktis, dengan alasan Bunda yang juga sebagai wanita karir. Tapi tahukah Bunda? Ratusan kandungan dalam ASI yang mampu memberikan nutrisi penting ternyata masih belum bisa ditemukan dalam susu formula manapun. Nah, berarti Bunda harus tahu beberapa Manfaat dan Kelebihan ASI Eksklusif dibanding susu formula yang mungkin belum Bunda sadari, berikut diantaranya :


1.      Meningkatkan Kecerdasan
Manfaat  dan Kelebihan ASI Eksklusif untuk bayi paling utama, yaitu dapat meningkatkan kecerdasan anak. Karena pada ASI terkandungasam linoleat dan taurin yang mampu membantu mengoptimalkanperkembangan otak. Selain itu juga mengandung salah satu komponen asam lemak omega 3 yaitu DHA yang berperan dalam pembentukan sistem syaraf. Tak hanya meningkatkan kecerdasan otak, tapi juga meningkatkan kecerdasan mental.
           
2.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Salah satu Manfaat dan Kelebihan ASI Ekslusif, ternyata ASI juga berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, karena pada ASI mengandung  zat penting yang tidak ditemukan dalam susu formula seperti seperti leukosit yang mampu membunuh virus, interferon sejenesi protein yang berfungsi mendeteksi hadirnya virus, juga ada lysosyme sejenis enzim yang juga mampu melawan infeksi. Sehingga Bayi tidak mudah jatuh sakit.  

3.      Lebih Terjamin Mutunya Dan Kualitasnya
Manfaat dan Kelebihan ASI Eksklusif lainnya, juga karena  Asi sudah terjamin mutu dan kualitasnya. ASI keluar langsung dari tubuh Bunda, jadi dijamin aman tidak terkontaminasi  bahan-bahan kimia berbahaya ataupun yang bersifat alergen. Selain lebih ekonomis karena gratis dan mampu mengenyangkan bayi, ternyata ASI juga bisa membuat bayi lebih rileks lho bun, sehingga bayi jadi mudah terlelap.
                         
4.      Mencegah Infeksi
Kandungan zat antibodi dalam ASI, sangat berguna untuk melindungi tubuh bayi dari serangan virus penyebab infeksi, termasuk infeksi saluran pernafasan dan pencernaan. Sedangkan kandungan dalam susu formula belum tentu cocok dengan kondisi tubuh bayi, sehingga sistem pencernaan yang masih rentan, justru bisa menyebabkan infeksi, seperti diare, muntah, dll. Yang juga jadi salah satu Manfaat dan Kelebihan ASI Eksklusif untuk bayi.

5.      Membuat Ibu Lebih Sehat
Tidak hanya untuk bayi, Manfaat dan Kelebihan ASI Eksklusif ternyata juga bisa Bunda dapat, sebab selama menyusui, Bunda tidak mengalami menstruasi sehingga bisa mengurangi resiko anemia karena zat besi tidak keluar terlalu banyak. Dengan menyusui, Bunda juga tidak perlu lagi melakukan diet, karena kelebihan lemak dan kalori saat kehamilan sudah diubah jadi tenaga yang keluar saat menyusui.

Saat menyusui, tubuh juga memproduksi Hormon Prolaktin yang berfungsi mengendalikan stress, sehingga selain membuat Bunda lebih sehat, hubungan Bunda dengan bayi pun juga semakin lekat.

Nah, sudah tahu kan Manfaat dan Kelebihan ASI Eksklusif dibanding menggantinya dengan susu formula? Masih ragu memberikan ASI eksklusif untuk bayi Bunda? Meskipun sibuk dengan pekerjan, memberikan ASI juga tetap jadi kewajiban Bunda. Untuk itu, Bunda bisa menyiasatinya dengan menyiapkan stok ASI dalam botol, yang disimpan di freezer dan dihangatkan saat akan diberikan untuk bayi. Sehingga Bunda dan bayi pun mendapatkan manfaat ASI Eksklusif secara maksimal. Good Luck ;-)

You Might Also Like

2 komentar

  1. ASI is the best! Terima kasih atas info berharganya. Layak disebarluaskan kepada para ibu di tanah air.

    BalasHapus
  2. ASI ndak bisa dikalahkan susu formula manapun, hehe

    Salam,
    Ara

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook