BABY CARE

BAYI REWEL SAAT MENYUSU, APA PENYEBABNYA?

5:48 PM




BAYI-REWEL-SAAT-MENYUSU-APA-PENYEBABNYA
Berhadapan dengan Bayi Rewel Saat ‪Menyusu, pasti bikin Bunda sedih kan? Tapi, Bunda harus tetap tenang dan sabar menanganinya lho ya. Karena Bayi Rewel Saat Menyusu adalah sifat alami yang lumrah dan tidak perlu dikhawatirkan, karena biasanya hanya bersifat sementara.

Meski begitu, ternyata hal ini perlu juga didampingi dengan pengetahuan Bunda yang cukup. Biasanya, Bayi Rewel Saat Menyusu, bisa disebabkan karena :


1.    AIR SUSU TERLALU DERAS ATAU SEDIKIT
Suplai air susu yang memancar terlalu deras juga bisa bikin Bayi Rewel Saat Menyusu karena kemampuannya menghisap ASI masih terbatas bahkan bisa membuatnya tersedak.

Kalau ASI yang keluar terlalu sedikit, bisa juga bikin bayi Bunda rewel, yang nggak sabar karena harus mengisap lebih kuat dan lebih lama lagi.

2.    JAGA ASUPAN MAKANAN
Makan makanan pedas dan beralkohol bisa lho berpengaruh pada rasa ASI Bunda. Baiknya Bunda perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan agar kualitas ASI terjaga. Sehingga Bayi Rewel Saat Menyusu pun teratasi.

3.    BAYI KURANG SEHAT
Bayi yang kurang sehat bisa kesulitan saat mengisap ASI, misalnya pilek, sariawan atau bisa juga karena bekas vacum atau imunisasi. Sedang tumbuh gigi pun juga bisa jadi penyebab Bayi Rewel Saat Menyusu.

4.    TERGANGGU ISAPANNYA.
Jika Bunda sering mengguncang dan memegangi payudara saat menyusui untuk mengontrol keluarnya ASI, posisi mulut bayi terhadap payudara bisa terganggu dan akhirnya Bayi Rewel Saat Menyusu.

5.    POSISI KURANG NYAMAN
Kalau Bunda kurang menguasai teknik mengatur posisi bayi saat menyusu, karena baru pertama punya bayi, bayi bisa merasa kurang nyaman membuat Bayi Rewel Saat Menyusu. Posisi bayi baiknya simetris dengan payudara agar ASI bisa keluar banyak.

Jika Bayi Rewel Saat Menyusu, tarik nafas dalam-dalam, gendong bayi Bunda, lakukan kontak fisik, dan alihkan perhatiannya misalnya dengan bermain boneka atau jalan-jalan ke halaman. Jangan lupa cari tahu juga penyebabnya, kenapa Bayi Rewel Saat Menyusu? Agar bila terjadi sesuatu yang tak terduga bisa segera dilakukan penanganan. Happy Parenting wink emotikon













You Might Also Like

0 komentar

SUBSCRIBE


Like us on Facebook