TIPS BLOGGING

Rahasia Ira Guslina Terungkap! Ini Bocoran 8 Tips Blogging Tembus Alexa Rank 500.000 dan Menang Lomba dalam Kurun Waktu 5 Bulan.

6:04 AM


tips-blogging-tembus-alexa-rank-500.000
TIPS-BLOGGING
Emak Blogger Ira Guslina, Blognya mampu tembus Alexa Rank 500.000 hanya dalam waktu 5 bulan! Emak-emak sekalian pengen tahu rahasia Tips Blogging nya, kan? Pastinya dong, karena selama ini untuk sebagian Emak Blogger agak takut menancapkan target ngeblog tinggi-tinggi. Disebabkan waktu yang sebagian besar untuk anak bayi/batitanya.
 
Saya pun juga pernah mengalaminya. Dari subuh sampai Isya’, mengurus rumah, suami dan anak. Apalagi bila Anak sedang aktif-aktifnya. Dari dia bangun sudah ngajak bermain mulai dari mainan di rumah sampai bermain lari-larian di luar. Kadang malam sudah kecapaian sehingga memilih tidur bersama keluarga. 

Kalau sedang fit, bangun tengah malam untuk menulis hingga subuh menghampiri. Jadi seperti air mengalir saja kegiatan menulis. Hanya bisa gigit jari kalau melihat Emak Blogger lainnya prestasinya keren-keren. Ada dong, rasa iri di hati ingin seperti Emak Blogger lainnya. Iri yang POSITIF, ya! Tapi godaan bekerja lebih keras kadang sulit dihalau. Huhuhu. Bobokin anak, eh malah ikut ketiduran. Haha.

Tapi SEKARANG beda. Setelah banyak gaul dan ikut Event-event Blogger, membuat mata saya terbuka! Energi bergaul itu mampu memotivasi saya untuk berani menancapkan Target! Meskipun realisasinya masih kurang maksimal, namun bagi saya itu sudah kemajuan luar biasa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Karena Target itu perlu kita miliki sebagai tolak ukur sampai mana usaha kita?

Seperti ketika saya kenal dengan Mbak Ira Guslina. Beliau seperti memberi infus energi. Karena ternyata beliau mempunyai dua anak yang masih batita namun tetap BISA BERPRESTASI. Jadi  Emak Blogger yang punya anak batita, bayi maupun anak kecil lebih dari satu, nggak usah patah semangat! Karena Mbak Ira Guslina sudah membuktikannya. Kita bisa BERPRESTASI sesuai kemampuan waktu yang dimiliki.

Apa saja sih, Tips Blogging Seorang Ira Guslina Meraih Rating Blog Bagus Dan Menang Lomba Dalam Kurun Waktu 5 Bulan? Yuk Kita kepoin satu per satu!

A.  Bagaimana Cara Mbak Ira Sehingga Alexa Rank Blognya 500.000 dalam waktu 5 Bulan?

1.   Bergabung di Komunitas Blogger
Di Awal Ngeblog Alexa Rank Mbak Ira berada di posisi 12 jutaan. Setelah 5 bulan menjadi 500.000. Apa sih Tips Blogging yang dilakukan Mbak Ira untuk bisa meraihnya? Ternyata Mbak Ira tidak menyangka bisa secepat itu meraih Alexa Rank yang bagus. Setahu beliau, di awal ngeblog, bergabung dengan komunitas-komunitas blogger yang banyak memberikan ilmu ngeblog. Inilah yang menjadi tonggak awal beliau tahu bagaimana cara agar Alexa Rank blog kita bisa ber-Rating bagus dan menang lomba.

2.   Content Is The King
Komunitas Blogger yang pertama kali beliau ikuti yaitu Blogger Perempuan (BP) dan Komunitas Emak-emak Blogger (KEB). Dari sanalah beliau mendapatkan salah satu petuah Tips Blogging yaitu Content. Blog bisa ber-Rating bagus dan menang lomba karena memang konten disukai pembaca. Maka belajar membuat konten blog yang menarik dan unik, kunci utama kita. Dari komunitas juga, beliau tahu ciri-ciri konten yang disukai pembaca. Yaitu upayakan menulis artikel yang berguna dan dibutuhkan pembaca,Orisinal dengan karakter 1200 kata per artikel. Namun, beliau masih belum bisa menulis hingga 1200 kata per artikel. Baru menulis rata-rata sekitar 800 kata per artikel.

3.   One Day One Posting
Ini juga kunci penting bila ingin Alexa Rank nya ramping. Yaitu dengan menulis Artikel rutin, bisa menerapkan cara One Day One Posting. Namun untuk ini, Mbak Ira belum bisa menerapkannya. Beliau masih memilih memaksimalkan di artikel yang berkualitas. Nah, Emak Blogger jangan takut, bila waktunya belum longgar mengurus blog lebih sering, maksimalkan saja di kualitas konten dulu. Jangan paksakan diri, tapi harus punya target yang jelas untuk berproses mencapai tujuan sesuai dengan kemampuan waktu dan tenaga yang dimiliki.

4.   Artikel SEO Friendly
Terdeteksi google salah satu upaya agar blog ber-Rating bagus. Sehingga Artikel SEO Friendly wajib kita upayakan. Jangan khawatir, Mbak Ira mau memberikan cara agar artikel SEO Friendly. Pertama, gunakan bahasa dan kalimat efektif di setiap artikel. Ke dua, artikel harus mengandung keyword.

5.   Submit Artikel ke Webmaster Tools dan Media Sharing
Setiap kali selesai menulis, jangan lupa submit artikel ke webmaster tools. Karena ini berguna untuk memudahkan google mengindeks artikel kita. Bila mudah terindeks, maka pembaca pun akan mudah mencari artikel sesuai kebutuhannya. Submit juga ke media sharing Artikel seperti Vivalog, Liputan6, Blogger Perempuan. Namun Mbak Ira baru bisa merealisasikan submit artikel ke webmaster dan blogger perempuan.

6.   Networking
Manfaat dari networking yaitu bisa saling sharing pengalaman ngeblog dan saling mendukung kemajuan blog dengan saling blog walking, dsb.


B.  Apa Tips Blogging Memenang Lomba Blog Yang Banyak Pesertanya

1.   Riset dan Pahami Tema serta Artikel yang Diinginkan Penyelenggara
Untuk lomba blog, Mbak Ira masih meraba-raba, artikel seperti apa sih yang pasti menang di lomba blog. Karena sejauh ini, artikel-artikel beliau menang lomba blog tema opini dan tema ide kreatif yang diselenggarakan lembaga negara. namun yang menjadi pedomannya, Konten berkualitaslah yang pasti menang. Yaitu artikel yang runut, jelas, dan ditambah sentuhan personal base on pengalaman di dalam artikelnya.

 C.    Bagaimana Caranya Mbak Ira Membagi Waktu Antara Blog Dan Keluarga

1.   Berdamai Dengan Diri
Untuk sementara ini, Mbak Ira memilih berdamai dengan diri. Karena bila dipaksakan agar meraih Prestasi Blog yang luar biasa akan menjadi stress. Jika harapan tak sejalan dengan kemampuan. Jalani dan nikmati prosesnya saja, syukuri setiap hal kecil yang diraih. Inilah kunci terpenting Emak Blogger yang Rempong urusan domestik. Karena anak-anak yang masih butuh perhatian super besar dari kita. Tumbuh Kembang anak dan keharmonisan keluargalah yang paling utama. Karena buat apa prestasi blog tinggi, namun anak dan keluarga terbengkalai. Harusnya Blog dan Keluarga bisa berjalan beriringan. Namun bila belum bisa, maka pilihlah Skala Prioritas.

Nah, melegakan bukan? Itu tadi beberapa Tips Blogging yang bisa saya rangkum dari percakapan saya dengan Mbak Ira.

Ayo Emak-emak blogger, SEMANGAT! Tetap menulis dan nikmati prosesnya. Tancapkan TARGET dan lakukan sesuai kemampuan kita. Keluarga bangga padamu! Jangan lupa lakukan Tips Blogging tersebut, ya!

Untuk lebih lengkapnya profil IRA GUSLINA beserta lomba-lomba yang pernah dimenangkannya, Emak Blogger bisa silaturahmi ke rumah mayanya di www.duniabiza.com

You Might Also Like

4 komentar

  1. Suka banget sama ķalimat berdamai dengan diri sendiri..praktek ah...

    BalasHapus
  2. Saya baru belajar bikin One Day One Post ala saya. Hehe ...
    Terima kasih sudah berbagi ilmu ya mbak. Salam kenal :)

    BalasHapus
  3. Setuju..tetapkan target sesuai dengan kemampuan kita. Kalo melebihi kemampuan, bisa-bisa jad stres ya..

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook