ARISAN LINK

9 TIPS MUDAH MENULIS LIPUTAN/REPOTASE

9:53 AM




TIPS-MENULIS-LIPUTAN-REPORTASE
TIPS-MENULIS-LIPUTAN-REPORTASE
Saya sedang senang-senangnya mencari referensi artikel liputan/reportase untuk dipelajari. Seperti apa, liputan yang enak dibaca? Bagaimana cara mudah membuat liputan? Nah, itu poin pentingnya. Ini semua saya lakukan tentu saja karena ingin menambah kebisaan. Kedua, karena saya beruntung mendapat kesempatan perdana, meliput sebuah acara di akhir bulan Mei nanti.

Sehingga pas sekali nih, berkunjung ke rumah maya Mbak Ida Tahmidah. Disana, saya membaca artikel-artikel beliau.  Terutama bagian, Review dan Kuliner. Ada banyak referensi gaya tulisan Mbak Ida model liputan. Dari sinilah, saya banyak belajar, “Bagaimana cara membuat liputan yang tidak ribet dan asyik dibaca?” Lalu saya pun dapat menyimpulkan 9 Tips Mudah Menulis Liputan/Reportase:


1.    Buat judul Artikel Reportase/Liputan Yang Menarik
Judul menjadi salah satu factor penentu dibaca tidaknya artikel kita. Untuk itu pemilihan judul harus mendapatkan perhatian ekstra. Buatlah judul yang menarik dengan mengambil poin-poin penting manfaat yang kita dapat dari menghadiri sebuah Acara yang kita liput.

2.    Awali Artikel Liputan dengan Cerita Pengalaman Pribadi
Cerita pengalaman pribadi menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca. Ini bisa kita gunakan sebagai bumbu penyedap Liputan kita. Gunakan bumbu ini di awal artikel liputan. Tentu saja pilihlah pengalaman pribadi yang masih berkaitan dengan topik yang akan dibahas dalam liputan tersebut.

3.    Narasikan Alur Acara
Setelah membuka artikel liputan dengan pengalaman pribadi, selanjutnya kita bisa mulai memasukan topik utama acara yang kita hadiri. Dengan menarasikan alur acara sesuai topik utamanya, artikel liputan kita semakin menarik untuk dibaca.

4.    Deskripsikan Seperlunya Peristiwa dalam Acara
Pastinya setiap detik dalam acara tersebut sangatlah berharga. Nah, deskripsikan seperlunya peristiwa paling berkesan bagi kita dalam acara tersebut. Yaitu peristiwa yang mampu menguras emosi kita.

5.    Sertakan Sedikit Profil Narasumber/Tokoh dalam Acara
Dalam peliputan, tentu saja ada Narasumber/tokoh pembicara yang kita kutip kata-katanya. Nah, berikan sedikit informasi profil Narasumber/Tokoh Pembicara setiap kita mengutip kata-katanya. Ini akan membuat artikel liputan semakin tampak berkualitas dan menarik.

6.    Gunakan Sub Judul di setiap Sesi Acara
Agar kita lebih mudah menulis liputan acara, gunakan sub judul di setiap sesi acara tersebut. Ini membuat kita lebih focus dan mendorong munculnya ingatan-ingatan penting untuk dituliskan dalam artikel liputan.

7.    Berikan Sentuhan Humor dalam Kalimat
Sentuhan humor dalam artikel liputan terkadang sulit sekali kita lakukan. Ini sedikit tips yang bisa Anda lakukan agar artikel liputan bernuansa asyik dengan sedikit humor. Yaitu dengan selingi kalimat pernyataan kita dengan kalimat pernyataan kebalikannya.

8.    Selingi Pernyataan dari Narasumber dengan Opini Kita
Selingi pernyataan narasumber dengan opini kita mampu membuat artikel liputan lebih hidup. Jadi jangan malu untuk mengeluarkan opini, ya! Karena itu menjadi wujud bahwa kita benar-benar menikmati acara tersebut dan acara tersebut memang sangat bermanfaat.

9.    Buat Penutup yang Asyik
Selain pembuka, penutup juga sangat penting untuk membuat pembaca “Ngeh” dengan inti acara yang kita hadiri. Berikan konklusi berupa manfaat dan tujuan yang dapat kita ambil dari Acara tersebut untuk kemajuan hidup kita. Dan buatlah penutup yang singkat, padat, jelas, hanya dalam 1 paragraf dengan jumlah kalimat tidak lebih dari 5 kalimat.

Saya semakin bersemangat berlatih membuat artikel liputan. Karena sudah memiliki poin-poin penting dalam penyusunan artikel liputan saya nantinya. Semoga liputan perdana saya akhir bulan Mei nanti lancar dan tidak mengecewakan pihak penyelenggara. Amin.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Waah kerenn bisa menyimpulkan seperti itu :)

    BalasHapus
  2. Makasih banyak tipsnya mbak sarah, makasih udah berbagi ilmu :)

    Salam,
    Puput

    BalasHapus
  3. Keep sharing mbaknyaaaa :))

    Salam,
    Oca

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook