DANCOW

DANCOW EXPLORE THE WORLD DUKUNG SI KECIL BEREKSPLORASI AGAR CERDAS DAN MANDIRI

8:08 PM

dancow-parenting
Dok. Juliastri

Ada acara Parenting, pasti kan kita para ibu nggak mau ketinggalan. Karena acara itu pastinya akan membantu kita mendukung tumbuh kembang si kecil. Manfaat acara Parenting itu sangat luar biasa. Kita menjadi sangat ‘melek’ dan berhati-hati memberikan kebutuhan lahir batin si kecil.

Saya pun juga begitu, sangat antusias ingin ikut serta dalam setiap acara-acara tema Parenting. Seperti saat Acara “Dancow Explore The World” tanggal 14-15 Mei di Ambarukmo Plaza Yogyakarta. Meskipun harus turun gunung dari Gunungkidul untuk ke kota, saya tak mau ketinggalan acara ini. Karena di “Dancow Explore The World” ada 4 Negara dengan masing-masing Negara terdapat arena Bermain sambil belajar yang berciri khas Negara tersebut. Pasti dong si kecil akan sangat senang bermain sambil belajar disana. Dan benar saja! Alam juga sudah tak sabar ingin segera kesana. Saya memilih tanggal 15 Mei untuk kesana.
parenting
Siap-Bereksplorasi

Sesampainya di sana, Alam sudah kebelet masuk. Bentar dulu ya sayang, kita registrasi dulu. Lalu diberi sebuah Passport semacam tiket masuk ke semua arena, yang nantinya akan dicap bila sudah check in ke arena. Jadi maksimalin bermainnya ya! Jangan sampai si kecil belum puas, lalu keluar minta masuk arena lagi. Udah keluar, nggak boleh masuk lagi Bu… hiks hiks

Alam sudah siap nih menjelajahi keempat Negara! Apa saja sih, keempat Negara tersebut? Yuk ikuti Alam bereksplorasi!


1.       Netherland
bunga-krisan
Mengenal-Bunga-Tulip
Bunga-Tulip
Mengenal-Bunga-Krisan

a)   Flower & Butterfly Garden
Negara yang pertama kali memikat rasa penasaran Alam adalah Netherland. Karena juga posisi spot Netherland dekat pintu masuk. Jadi Alam langsung melihat warna-warni bunga khas Negara ini yang bikin dia pengen mendekat. Saya sampai tergopoh-gopoh menyusulnya berlari masuk ke Spot ini, “Flower & Butterfly Garden”. Di sini ada banyak bunga khas Netherland. Ada bunga Tulip dan Bunga Krisan warna-warni. Saking senangnya melihat bunga-bunga yang cantik, saat saya hendak memfoto Alam, eh tahu-tahu dia sudah memegang setangkai Bunga Tulip Kuning. “Aduuuh, jangan diulangi lagi ya, Nak.. Ini nggak boleh dipetik, kasihan Bunganya…” sambil pukpuk Alam dan mengajak keluar arena. Hihi. Takut nanti dimarahi penjaga.
parenting
Koboy-Cilik

b)   Photo Booth
Kami pun lanjut ke Photo Booth ala koboy. Alam suka sekali naik kuda-kudaan sambil bergaya pakai topi koboy. Sampai-sampai nggak mau turun. Dibelakang ada juga Kincir Angin ciri khas Netherland. Waaaah, serasa berada di Netherland sesungguhnya! Seruuuu!
Akhirnya Alam mau turun karena melihat arena “Fishing” di sebelah Photo Booth ini. Eh, tunggu dulu, Dek! Tinggal satu Arena di Netherland yang belum kita masuki. Yaitu “Milking Cow”.

c)    Milking Cow
Saya pun mengajak Alam ke Arena itu. Namun, ternyata dia nggak mau! Katanya, dia takut ‘disruduk sapi’. Ya ampun Dek, itu kan sapi-sapian… tetap saja Alam nggak mau masuk, eh malah duduk jongkok di depan pintu masuknya sambil lihat teman-temannya yang asyik memerah susu sapi.
parenting
Belajar-Menanam-Tanaman
parenting
Belajar-Menanam-Tanaman
parenting
Belajar-Menanam-Tanaman

d)    Flower & Butterfly Garden
Alam juga nggak berurutan nih masuk arenanya. Arena Menanam tanaman yang jadi satu di Flower & Butterfly Garden di Netherland malah terakhir kali dikunjungi setelah semua Negara sudah dikunjungi. Hihi. Senang sekali melihatnya sangat hati-hati memasukan tanah ke pot dengan skop kecil. Lalu menanam tanamannya sampai-sampai potnya nggak muat. Pasalnya ia ingin semuanya ditanam di pot kecilnya itu. Hihi. “Jangan banyak-banyak, dek. Kasihan tanamannya, empet-empetan. Ntar nggak bisa nafas, kan kasihan.” Alhamdulillah, Alam mau mengerti. Hasil menanamnya itu lalu boleh dibawa pulang.

2.       Indonesia
parenting
Menangkap-Ikan
parenting
Menangkap-Ikan
parenting
Menangkap-ikan

a)    Fishing
Setelah Alam selesai mengamati teman-temannya memerah susu sapi di “Milking Cow”, saya ajak dia ke Arena “Fishing” yang berada di Negara Indonesia. Masuk arena, Alam diberi alat tangkap ikan. Siap ngobok-ngobok air nih dia! Haha. Karena namanya anak kecil pasti masih susah sekali jaring ikan di kolam yang lumayan gede yang berisi ikan kecil-kecil, dengan gagang alat tangkap ikan yang lumayan panjang. Pasti berat juga yah, dek! Hihi. Kecuali kalau tangkap ikannya di ember. Hehe. Pasti nangkap ikan sambil nyebur ke ember. Gampang ketangkap ikannya.

Jadinya di sini, ibunya yang nangkap ikan duluan, biar si dedek nggak heboh-heboh mau nangis karena nggak dapat-dapat ikannya. Ini ya dek, modal ikannya. Sekarang dedek yang nangkap sendiri ya. Alam pun ngangguk-ngangguk senang. Asyik! Selesai nangkap ikan, dikasih ikan juga lho! Dikasih 3 ekor ikan. Yah tapi lupa saya foto. Hihi
foto-bareng-dolphin
Dancow-Parenting
parenting
Membuat-Istana-Pasir

b)   Augmented Reality Dolphin
Selanjutnya, yuk ke “Augmented Reality Dolphin”. Masih dalam Negara Indonesia. Ini Arena paling lama yang kami kunjungi dan paling berkesan. Alam senang sekali bermain pasir. Menggalinya dan membuat istana pasir ala dia. Lalu kami juga foto bareng dolphin! Yeaaay…! Juga foto di Gapura Bali. Tapi yang memfoto kurang ahli nih. Hehe. Gapura dan payung khas Bali nggak kelihatan! Maafkan ya…
parenting
Memberi-Makan-Kura-kura

c)   Turtle
Semula saya kira arena di Negara Indonesia sudah semua kami kunjungi. Ternyata Turtle ini masuk Arena Negara Indonesia. Letak arenanya bersebelahan dengan Arena Negara Brazil dan jauh dari Arena Negara Indonesia. Hehe.

Alam lagi-lagi terpukau dengan kura-kura yang berukuran besar itu. Dia sangat senang memberi makan kura-kura dengan kacang panjang dan wortel yang sudah disediakan di sana. ini juga arena yang kami kunjungi setelah berjelajah ke Negara Jepang. Hehe. Nggak berurutan yah! Karena manut si bos kecil melangkah ingin masuk arena yang mana.

 3.       Japan
parenting
memakai-kimono

a)   Photo Booth
Dari awal masuk saya sangat terpesona dengan keindahan Bunga Sakura yang menghiasi Arena di Negara Jepang. Dari kejauhan Nampak seperti aslinya lho! Dan yang paling saya suka ada sesi Photo Booth dengan Pakaian Adat Jepang yaitu KIMONO. Aiiih… Alam comel sekali pakai Kimono!
parenting
Belajar-Mewarnai
Antusias-Mewarnai
Hasil-belajar-mewarnai

b)   Creativity
Setelah foto kenang-kenangan, kami menuju arena Creativity. Ini tempat ke dua yang paling digemari Alam. Di sini dia bisa mewarnai dan bermain lego, lamaaa sekali. Saking asyiknya bermain dan belajar, dia saya tinggal konsultasi gizi dan nutrisi di Spot Consultation.
konsultasi-nutrisi

c)   Consultation
Di sini kita bisa berkonsultasi segala hal keresahan dan permasalahan tentang si kecil yang kita hadapi. Saya berkonsultasi dengan Nutritionist Lina Triana Sari. Dilihat dari umur dan berat badan Alam, dia termasuk kategori idea/normal, sesuai dengan tumbuh kembang anak seusianya. Alhamdulillah…

Karena saya sebelumnya sering was-was dengan Alam, karena ia susah makan sayuran namun porsi makannya itu lumayan banyak. Saya diberi solusi oleh Mbak Lina. Intinya, saya harus lebih rajin memvariasikan makanan dan mengkreasikannya agar anak tertarik memakannya. Lalu mulai memperkenalkannya dengan susu diminum 2x sehari sebagai pendamping makanan. Dan jangan lupa mengatur jadwal makannya.

Ini menjadi PR buat saya. Karena sebagai Ibu yang Bekerja dari Rumah, inginnya masak yang simple-simpel saja biar hemat waktu. Hehe. Kini harus lebih dipikirkan bagaimana asupan gizi anak lengkap, anak tidak menjadi pemilih makanan dan ibu tidak memikirkan kuantitas makannya saja.

 4.       Brazil
mengenal-burung-brazil

a)      Bird Park
Setelah puas di Arena Creativity Negara Jepang, kami lanjut ke Arena Bird Park di Negara Brazil. Disini Alam bisa melihat burung asli Brazil yaitu Burung Macaw dengan warna-warni sayapnya yang indah. Tapi jangan dekat-dekat ya, bila belum kenal, si burung tampak seram karena sewaktu-waktu bisa menggigit. Alam sampai ketakutan saat berfoto bersama.
foto-bareng-virtual-tiger

b)   Augmented Reality Tiger
Di Negara Brazil juga ada foto bersama hewan virtual. Kali ini kami berfoto dengan Tiger. Alam focus memandangi layar yang tampak Tiger berada di depan kami. Sepertinya dia sedikit bingung, karena kenyataannya tidak ada Tiger di depan kami. Hehe.

Semua Negara sudah kami jelajahi, kami pun beristirahat di area depan Panggung Hiburan yang sedang menampilkan para peserta lomba seni tari hingga selesai. Lalu digantikan dengan Kelas Memasak Chef Steby. Namun saya terpaksa harus pulang saat Alam meminta masuk kembali ke Arena Bermain Pasir di Augmented Reality Dolphin. Karena kan passport Alam sudah tercap semua kecuali Arena Milking Cow. Daripada Alam nangis dilihat banyak orang, mending saya bawa pulang sambil dibujuk-bujuk agar tidak menangis. Yah, memang harus ada yang dikorbankan. Kami tidak bisa menikmati lantunan tembang dari Ari Lasso seusai sesi kelas memasak Chef Steby.
Dari acara Dancow Explore The World, saya semakin paham bagaimana Cara Mendidik Anak yang tepat. Dimulai dari dukungan pada kegiatan ekplorasi anak dalam belajar dan bermain.

You Might Also Like

3 komentar

  1. Sayang nggak ketemuan yaa mak.. hari kedua itu memang rame bangeet..

    BalasHapus
  2. Acaranya sangat edukatif ya.. :D

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook