ARISAN LINK

ALIDA BAHAWERES, JURNALIS MUDA BERBAKAT

4:14 PM



Namanya Rachmawati Alida Bahaweres. Keluarga akrab menyapanya, Chici. Oleh teman-temannya sering disapa, Alida atau Lid. Lahir di Sidoharjo, namun saat umur 3 bulan harus pindah ke Ambon, mengikuti kedua orangtuanya dan barulah kembali ke tanah kelahirannya ketika duduk di bangku SMA.

Tak heran bila kini ia sukses menjadi seorang jurnalis. Karena sejak kecil ia sudah gemar membaca bermacam jenis bacaan. Menyadari akan minatnya di dunia jurnalistik maka ia memutuskan mengambil jurusan jurnalistik saat kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Almamater Wartawan Surabaya (STIKOSA – AWS). Disini bakatnya semakin terasah.

Hmm… patut saya contoh, nih! Dalam memberikan pendidikan terbaik untuk anak. Pendidikan terbaik bukanlah yang terfavorit dan paling mahal. Namun yang sesuai minat dan bakat anak. Sehingga apabila nanti waktunya bekerja di tempat oranglain atau memiliki lapangan peerjaan sendiri, ia akan melakukannya dengan bahagia dan tulus ikhlas, karena sesuai passion-nya. 

Dan yang lebih menyenangkan lagi, ketika tengah menempuh pendidikan perguruan tingginya, Mbak Alida ini sudah ditawari pekerjaan sebagai Freelance Jurnalis di Tabloid daerah Jawa Timur. Dengan honor waktu itu Rp 150.000,-/tulisan. Lalu berpindah kerja sebagai Kontributor Gatra di Jawa Timur untuk meliput seluruh daerah di Propinsi Jawa Timur. Di Gatra, Mbak Alida meliput tema-tema isu perempuan, isu kesehatan, politik bahkan sampai tema isu hukum.

Di tempat kerjanya ke-2 ini, tantangannya sangat besar. Belum selesai meliput di suatu daerah, sudah muncul tugas meliput di daerah lain. Wah, sangat menguji adrenalin, ya mbak! Dag, dig, dug, megejar tugas demi tugas! Pastinya sangat berkesan di benak Mbak Alida.

Setiap satu kesempatan yang dikerjakan dengan antusias, pastilah Allah akan menambahkan nikmat rejeki lain kepada hambanya. Terbukti dengan aktifitasnya sebagai jurnalis Gatra, Allah memberikannya amanah lain yaitu menjadi pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) sebagai Koordinator Divisi Perempuan. Menjadi pengurus AJI membuatnya punya banyak pengalaman. Dari Propinsi Aceh sampai Papua, semua pernah dijelajahinya karena tugas.

Selain itu, ia juga pernah bekerja di kompas TV menjadi koordinator peliputan wilayah Jabodetabek. Setelah pindah ke Jakarta, Mbak Alida kuliah lagi di FISIP UI mengambil jurusan Kriminologi.

Selainaktif sebagai Jurnalis, ternyata Mbak Alida juga aktif sebagai Blogger sejak tahun 2007 sejak saat bekerja di Gatra sampai sekarang ini. Rumah mayanya sekarang di www.lidbahaweres.com. Wah, perjalanan menulis Mbak Alida sangat mengesankan. Saya pengen sekali belajar menulis ala jurnalis dengannya!

                                                                                                                               

You Might Also Like

3 komentar

SUBSCRIBE


Like us on Facebook