aMMal Fitri

aMMal Fitri: 5 Berkah Kebahagiaan Yang Hanya Bisa Kita Berikan Pada Anak Saat Bulan Ramadhan!

10:52 PM


Persiapan-Mengaji
Siapa yang tak menyukai Bulan Ramadhan? Semua orang menyukainya! karena hanya di bulan Ramadhan inilah, segala bentuk rejeki diberikan Allah. Semua orang bersuka cita karenanya. Ya! Inilah Berkah Ramadhan.

Mulai dari Rejeki Materi. Hampir semua orang memanfaatkan momen ini untuk berjualan. Mulai dari makanan berbuka dan sahur, Pakaian Lebaran, dan sebagainya.

Namun ada yang lebih penting dari Materi. Yaitu Rejeki Nikmat Iman dan Kesempatan Beribadah Lebih Berkualitas. Saya pun berusaha memaksimalkan momen Ramadhan ini untuk mendidik anak lebih intensif. Sehingga Tak ada hal lain yang lebih membahagiakan dengan adanya Bulan Ramadhan selain Berbagi Berkah Ramadhan Untuk Anak. Yang menjadikannya Sholeh/Sholehah.

Berikut ini 5 Berkah Kebahagiaan Yang Hanya Bisa Kita Berikan Pada Saat Bulan Ramadhan:



1.      24 Jam Waktu Produktif 
Dari bangun tidur sampai tidur lagi, hanya di bulan Ramadhan, waktu luang menjadi lebih sedikit. Yakni jam 1.30 pagi sudah bangun untuk sedikit mulai bekerja mengerjakan konten media sosial. dilanjutkan menyiapkan hidangan sahur. lalu setelah Shalat Subuh, menemani dedek Alam bermain dan bereksplorasi hingga siang hari. Karena ia selalu ikut bangun sahur dan Shalat Subuh Berjamaah. Paling bisa sedikit santai bekerja saat ia tidur siang. Sorenya, mulai dibantuin masak sama dedek. lalu seusai berbuka puasa sudah persiapan untuk Sholat Taraweh Berjamaah di Langgar dekat rumah. Kebiasaan dedek tidur juga mulai berubah sejak Ramadhan. Seringnya jam 9-10 malam baru tidur. Ini waktu ideal untuk saya mulai bekerja kembali hingga larut malam. Dan mulai tidur saat tengah malam. Sangat terasa sekali, waktu 24 jam di Bulan Ramadhan semakin produktif. Namun semua terasa ringan karena menjadi media mendidik anak, bagaimana memanfaatkan waktu seoptimal mungkin.

2.      Berbagi Kebaikan Bersama
Di Bulan Ramadhan, dedek menjadi sangat aktif. Apa saja yang kami kerjakan, ia tak pernah ketinggalan. Repotnya bila saat menyiapkan hidangan berbuka puasa dan sahur, si kecil masih terjaga. Bias-bisa tidak akan matang masakannya. Karena pasti mengajak bermain. Untuk itu perlu cara khusus menanganinya. Saya ajak saja dia ikut serta memasak. Mulai dari belanja, menyiapkan bahan masakan dan proses memasak sampai menghidangkan. Alhamdulillah, dia tidak rewel. Malahan aktif bertanya macam-macam. Seperti: Ini namanya apa, untuk apa ini, dsb. Wah ini momen paling bagus memberikan nilai-nilai ibadah di Bulan Ramadhan. Salah satunya, berbagi kebaikan bersama. Memasak hidangan maupun memberikan makanan kepada orang berpuasa, pahalanya sama seperti orang berpuasa.
Berangkat-Shalat-Jum'at

3.      Belajar Mengenal Macam-macam Shalat dan Praktek Lebih Sering Shalat Berjamaah
Hanya di Bulan Ramadhan, intensitas Dedek belajar shalat berjamaah lebih banyak disbanding di bulan-bulan biasanya. Hampir semua Shalat dari wajib hingga Sunnah, Shalat Subuh hingga Taraweh, semua Dedek lakukan berjamaah. Meskipun pada Prakteknya Dedek lebih banyak jalan-jalan mengitari Langgar dan bercanda dengan sebayanya. Hehe. Tak mengapa ya, Nak! Yang terpenting kamu sudah belajar mengenal Shalat sejak dini. Meski begitu, kami tak pernah lupa menasehatinya ketika sebelum shalat dan seusai shalat untuk ikut shalat dengan rapi.

4.      Mengenal Apa Itu Puasa, Sahur, dan Berbuka Puasa
Baru tahun ini, Dedek mulai belajar mengenal apa itu puasa, sahur dan berbuka puasa. Karena tahun kemarin, Dedek baru berumur 1 tahun, belum banyak ikut beraktifitas ibadah Bulan Ramadhan dan belum fasih berbicara. Sekarang ia mulai belajar mengenal apa itu puasa, sepertinya ia mulai mengerti bahwa puasa tidak boleh makan dan minum. Tandanya yaitu, hobinya yang suka berbagi makanan yang dimilikinya ke simbahnya mulai ditahannya ketika simbahnya bilang bahwa sedang puasa. Lalu ia pun memakan makanannya dengan Adzan terlebih dahulu. Haha. Tanda sudah waktunya ia berbuka puasa.

Juga mulai mengenal apa itu sahur. Tandanya ia tahu kapan waktunya ia harus bangun untuk sahur tanpa saya bangunkan, sudah bangun sendiri dan ikut sahur bersama keluarga.
Baju-Koko-Terbaru

5.      Perlengkapan Shalat Baru
Karena kini intensitas Dedek belajar shalat lebih banyak, Alhamdulillah kami jadi harus memikirkan perlengkapan ibadahnya harus lebih cukup. Karena wajar, anak kecil pasti pakaiannya lebih cepat kotor. Oleh karena itu, kami membelikannya sepasang pakaian koko anak, beberapa kopiah, beberapa pasang celana panjang dan baju lengan panjang. Karena belum ada sarung seukurannya. kalaupun ada, saya sudah membayangkan, pasti melorot-melorot karena dibuat mainan. Seperti kopiahnya yang selalu dibuat mainan bersama teman sebayanya saat Shalat Taraweh.

Nah itulah 5 hal yang menjadi Berkah Ramadhan tak terhingga berharganya bagi keluarga saya. Karena menjadi momen penting berbagi keberkahan untuk anak agar menjadi pribadi sholeh/sholehah.

You Might Also Like

4 komentar

  1. Gak sabar ramadhan 2017, nyampe gak ya kira-kira?

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus
  2. Dek, mukanya gemesin banget si :3 hehehehe :D

    Salam,
    Pink

    BalasHapus
  3. Ramadan is a great thing for all the muslims because they have some rest during it.

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook