Review

Memilih dan Menggunakan Ayunan Bayi dengan Aman

9:36 PM

Dulu sewaktu hamil, saya tak pernah terfikirkan kerepotan yang akan saya hadapi. Mungkin karena saking bahagianya hendak memiliki bayi. Dan setelah memiliki bayi barulah saya mengerti mungkin dulu ibu saya juga mengalami apa yang saya alami saat memiliki jabang bayi. Yaitu bangun di tengah malam untuk menyusui dengan posisi duduk sambil menggendong, meninabobokan dengan menggendongnya selama beberapa puluh menit hingga bayi terlelap, dsb. Sehingga tidur terlelap bersama bayi itu merupakan nikmat tak terkira. Namun setelah terbangun, pekerjaan rumah menjadi momok paling buruk karena menumpuk dan belum sempat terselesaikan. Belum lagi bila saat mengerjakannya, bayi terbangun dan menangis ingin digendong dan menyusu. Alhasil letih, lemah, lesu rasanya badan ini.


Saya butuh sesuatu yang bisa meringankan pekerjaan saya. Alhamdulillah suami tanpa diminta pun mengerti kondisi saya. Ia mencarikan saya sebuah ayunan untuk bayi kami. Agar saya tak perlu lama menggendong untuk menidurkan Alam seusai menyusuinya. Waktu itu Ayunan bayi  milik kami terbuat dari rotan dan pinjam milik saudara yang sudah tak terpakai.

Mungkin kalau dulu tahu kalau ada juga Ayunan bayi seperti ini, boleh jadi saya memilih satu diantara dua warna ayunan ini.

Ayunan-Anak

Ayunan-Bayi


Karena disamping Aman dan Nyaman, Ayunan ini didesain dengan tenaga penggerak otomatis, sehingga saya tak perlu mengayunkannya lama-lama karena sudah ada yang menggantikan saya mengayunkan. Pastinya saya jadi lebih cepat menyelesaikan banyak pekerjaan rumah dan lebih punya banyak waktu istirahat di saat bayi tertidur.

Buibu pasti pernah mengalami kan, bila ayunan berhenti mengayun, si jabang bayi malah terbangun. Jadilah kalau mengayun secara manual pastilah waktu sering banyak dihabiskan untuk mengayun, pekerjaan pun terbengkalai lagi. Nah, ayunan dengan tenaga penggerak elektrik ini pastilah akan sangat membantu dalam menenangkan bayi kita, ketika kita perlu melakukan aktivitas pekerjaan lain. Bayi tak merasa ditinggal ibunya. Karena ayunan terus mengayun secara otomatis.

Namun demikian, Apapun jenis ayunan bayi yang kita gunakan dirumah, pastikan peralatan tersebut benar-benar bekerja dengan baik sehingga terjaga tingkat keamanannya. Waktu mengerjakan pekerjaan rumah bagi seorang ibu memanglah sebuah kebutuhan, namun keselamatan dan kenyamanan dari seorang bayi tetaplah hal utama yang harus diberikan. Oleh karena itu pemilihan dan cara penggunaan yang tepat dari sebuah ayunan adalah sebuah keniscayaan yang harus dipilih oleh seorang ibu untuk membantu memperingan pekerjaan rumah mereka.

Meskipun ayunan memang sangat membantu kita para ibu. Ada Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam meletakan bayi dalam ayunan:

1.  Dalam meletakkan bayi kita pada sebuah ayunan, pastikan ayunan tersebut tetap dalam jangkauan pandang kita ketika melakukan aktivitas lain.
2.   Pastikan pula gerakan ayunan yang kita pasang atau berikan tidak terlalu keras dan hanya sekedar mengayun dengan lembut saja, agar bayi tidak merasa pusing atau mabuk ketika diayunkan.
3.       Letakkan ayunan tersebut ditempat yang lebar dan jauh dari benda atau pun ujung-ujung benda yang runcing seperti ujung meja atau ujung almari.
4.  Meletakkan bayi pada sebuah ayunan, mungkin memang sangat membantu kita dalam melakukan aktivitas lainnya. Namun jangan meletakkan bayi terlalu lama pada sebuah ayunan,
5.   Periksalah bayi kita sesekali, cek apakah popok nya basah ataukah terjadi hal lain seperti posisinya berubah dan membuat mereka merasa tidak nyaman.
6.   Tinggalkan bayi kita pada ayunan jika memang mereka benar-benar telah tertidur pulas dan dalam posisi aman ketika kita meninggalkan mereka untuk melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Dalam pemilihan dan penggunaan ayunan elektrik ataupun manual, Kita tidak boleh asal dan sembarangan dalam memilih. Beberapa hal terutama kesehatan dan kenyamanan bayi kita tetaplah harus menjadi perhatian utama, jangan hanya karena ingin praktis dan cepat mengerjakan pekerjaan rumah lainnya, justru keselamatan dan kenyamanan bayi, kita pertaruhkan begitu saja.

Berikut ini beberapa hal yang harus kita pertimbangkan ketika memilih ayunan bayi, antara lain adalah:

  1. Pilihlah ayunan yang memiliki alas yang datar, hal tersebut dikarenakan tulang bayi yang sangat rawan dan mudah terbentuk sesuai dengan alas tidurnya, sehingga pemilihan alas ayunan yang datar akan sangat tepat dan sehat bagi tulang belakang bayi.
  2. Pilihlah ukuran ayunan yang sesuai dan memiliki kelonggaran dari tubuh bayi, agar nanti ketikan diayun bayi tetap pada posisinya yang semula.
  3. Pilihlah ayunan yang memiliki perlengkapan safety seperti sabuk pengaman, agar bayi tetap aman ketika sedang berada pada ayunan.
  4. Pilihlah jenis ayunan yang tidak terlalu tinggi untuk menghindari terjatuhnya bayi Anda, serta pilihlah ayunan yang sesuai dengan berat badan bayi Anda, batasan maksimal berat pada ayunan yang banyak beredar dipasaran adalah 12-15kg.

Nah, sekarang, Buibu mau pilih manual atau elektrik? Semua bagus asal Aman dan Nyaman bagi Ibu dan bayi.




You Might Also Like

11 komentar

  1. Lucu banget ayunannya. ^_^ Pasti MIchan senang kalau punya ayunan seperti itu. Yang pink pula

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah lahiran ya mbak nisa? selamat, barakallah ya mbakkuu

      Hapus
  2. Luvu banget. Andia ada yang ukuran dewasa. #eh :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk.. biar bisa bobok nyenyak kayak si baby yak.

      Hapus
  3. Pasti senang nih si Baby ditidurkan di sini sambil dinyanyiin lullaby

    BalasHapus
  4. Persis kayak yang waktu itu aku beliin buat ponakanku :) nyaman dia

    Salam,
    Oca

    BalasHapus
  5. Such a swing is a great thing for a baby and for a mother to help her to make her hands free.

    BalasHapus

SUBSCRIBE


Like us on Facebook